Maandag 28 Julie 2014


IKATAN PELAJAR  DAN MAHASISWA  PUNCAK  JAYA
  •                (IPMAPUJA)

  KOORDINATOR WILAYA D.I. YOGYAKARTA –SOLO


Secretariat  kunume puncak jaya Jl.setur No . 405. A puluh dady Rt 06 /Rw . 02 .C. T.sleman Yogyakarta  .c.p 


Organisasi ipmapuja adalah suatu ikatan pelajar dan mahasiswa  puncak jaya yang kokoh berada di se – jawa dan bali. Dalam organisasi ini, mencakup seluruh mahasiswa – mahasiswi puncak jaya yang ada di LINGKUP Se - jawa dan Bali.dan Nama organisasi ini adalah IPMAPUJA yang diartikan sebagai “ Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Puncak Jaya.
Ipmapuja merupakan suatu wadah kekeluargaan yang kokoh menggikat seluruh Mahasiswa - Mahasiswi puncak jaya yang ada di se – jawa dan bali.

IPMAPUJA  sendiri mempunyai cabang organisasi di seluruh kota study Se -jawa dan bali dimana ada mahasiswa puncak jaya yang menuntut ilmu. Dalam wadah ini menggikat rasa persaudaraan mahasiswa – mahasiswi puncak jaya Yang berada di lingkup se – jawa dan bali namun organisasi ipmapuja ini mempunyai struktur organisasi yang jelas yaitu : Dari BPH IPMAPUJA se – jawa dan bali sampai dengan koordinator- koordinator (KORWIL) setiap kota study masing- masing yang mengharakan kepada anggotanya.

DASAR PENGERTIAN ORGANISASI

Organisasi berasal dari bahasa Inggris yaitu organitation yang dimasukkan dalam bahasa nasional kita yaitu Organisasi. Organisasi berarti perkumpulan, secara luas: Organisasi adalah suatu wadah/tempat berkumpulanya minimal dua orang keatas,untuk mencapai maksud & tujuan yang sama. Dalam mendirikan suatu organisasi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu:
1.            .Kebersamaan/dan kekompakan anggota
Kebersamaan akan melahirkan kekompakan yang akan membuat suatu organisasi mempunyai spirit power (kekuatan landasan) sehingga dapat tumbuh dengan pesat serta tak mudah goyah oleh ronrongan dari luar karena setiap masalah akan dicarikan jalan keluarnya secara musyawarah.
2.            Kepentingan bersama di atas segala-galanya
Maksudnya adalah setiap hal yang menyangkut dengan organisasi harus dibicarakan secara musyawarah & dalm musyawarah kepentingan pribadi / sifat egois tidak boleh ada / dihilangkan. Namun banyak orang bertanya apakah hasil musyawarah untuk mufakat adalah kebenaran yang hakiki…??? Di sinilah sebenarnya peran pengurus sebagai pioner (ujung tombak) dalam suatu organisasi.

TUJUAN ORGANISASI & BERORGANISASI

Tujuan organisasi / VISI Organisasi adalah bekerja sama demi mencapai cita – cita ( VISI Organisasi ) . Hal-hal / cita-cita tersebut tidak terfokus pada titik kebenaran saja, namun banyak organisasi yang mempunyai cita-cita dalam dunia hitam / MAFIA yang bergerak dalam hal-hal kejahatan.
Alasan untuk berorganisasi adalah:
Memperluas wawasan
Memperat hubungan dengan orang lain
Memperkokoh persatuan & kesatuan antar sesama
Belajar mengerti / menerima pendapat orang lain (menghilangkan sifat ego)
Belajar berbicara yang baik & benar Salin kenal dengan orang-orang di atas kita.

PEMBENTUKAN ORGANISASI  Dalam mendirikan organisasi ada beberapa faktor yang harus dimiliki yaitu:
a.            Anggota
Angota adalah orang-orang yang masuk dalam suatu perkumpulan & telah memenuhi persyaratan sebagai anggota organisasi tersebut. Awal pembentukan.
b.            Pengurus
Pengurus adalah orang-orang yang diambil dari anggota untuk menjadi pemikir & pelaksana sebagai motor penggerak organisasi.
Pengurus diangkat karena pintar, punya potensi / kemampuan untuk memajukan organisasi, mengerti tentang organisasi serta dikenal & punya nama baik / pribadi yang baik di mata masyarakat & organisasi tersebut.

c.            Punya aturan : Anggaran Dasar (AD) & Anggaran Rumah tangga
·                     Anggaran Dasar bukan berarti bihaya / dana dalam organisasi, tetapi suatu aturan/UUD yang mengatur kelangsungan organisasi, yang merupakan acuan & harus dipatuhi oleh pengurus serta anggota organisasi tersebut. Anggaran Dasar dibuat oleh pengurus inti dibantu oleh orang-orang yang mampu untuk membuat AD yang disatukan dalam tim (tim pengurus)
·                     Anggaran Rumah Tangga
Anggaran Rumah Tangga adalah aturan yang membuat penjabaran dari AD serta hal-hal yang belum tercantum dalam AD. ART akan diatur dalam SK yang dikeluarkan oleh Ketua Organisasi.
d.            Punya Sekretariat
Sekretariat adalah tempat berkumpul atau Kantor.
e.            Punya VISI & MISI
VISI adalah cita-cita sedangkan Misi adalah hal-hal yang akan dilakukan agar Visi/Cita-cita mampu tercapai.
KEPEMIMPINAN DALAM ORGANISASI

Dasar kepemimpinan yang baik dalam suatu organisasi adalah. Karakter seorang pemimpin yang baik dan pelayanan tanpa pamrih kepada organisasi tersebutDi mata para anggotanya, kepemimpinan adalah segala hal dilakukan pemimpin yang membuat tujuan organisasi mencapai dan kemudian membawa kesejahteraan bagi para anggota. Seorang pemimpin yang baik memusatkan diri pada keyakinan dan karakter apa yang di ketahuinya pekerjaan, tugas, sifat manusia dan apa yang dilakukannya (melaksanakan, memotivasi, memberi arah).
Seorang pemimpin harus menghormati para anggota dan berpegang teguh pada etika serta menyampaikan visi yang kuat mengenai massa depan organisasi.

PRINSIP SEORANG PEMIMPIN

Pemimmpin sebagai pembawa perubahan (change agent) yaitu seseorang yang memupuk perubahan. Dengan demikian pemimpin bukanlah selalu mereka yang memegang kepemimpinan formal. Sebaliknya semua orang memikirkan hal yang perlu dikembangkan secara bersama adalah pemimpin. Karena konsep kepemimpinan dan memimpin mengambarkan adanya orang lain yang, sebenarnya kepemimpinan adalah suatu proses kolektif atau suatu proses kelompok.
·                     Seorang pemimpin menciptakan lingkugan yang mendukung/ suportif dimana orang dapat tumbuh, berkembang dan hidup dengan aman dengan sesama.
·                     Meningkatkan keselarasan dengan alam sehingga dengan demikian mennyediakan kesinambugan bagi generasi – generasi yang akan datang.
·                     Menciptakan komunitas – komunitas yang saling peduli dan berbagi tangungjawab, dimana setiap orang mempunyai arti dan kesejahteraan serta martabat masing – masing orang dihargai dan didukung.

PRINSIP PRINSIP TENTANG KEPEMIMPINAN

Kepemipinen adalah tindakan-tindakan oleh seseorang atau beberapaorang yang mempengaruhi kelakuan seseorang atau lebih dalam settimg kelompok. Tindakan-tindakan oleh pemimpin dan/atau kelompok dilakukan dengan suatu maksud. Tindakan-tindakan tersebut dimaksudkan untuk memperngaruhi perilaku orang-orang lain, sedangkan upaya untuk mengubah perilaku yang tidak hasil merupakan upaya kepemimpinan yang gagal.
Kepemimpinan dapat bersifat kebetulan atau tidak disengaja.Batas yang memisahkan kapan seseorang itu pemimpin dan kapan bukan, sulit dipisakan. Kita mangenal oang-orang yang menjadi pemimpinan karena keteladanannya. Mereka tersebut demikian bukan karena kegiatan kelmpok seperti lazimnya seorang pemimpin. Mereka mempengaruhi banyak orang seperti yang terjadi dengan para bintang olahraga atau hiburan.Mereka menyebabkan perubahan tetapi tidak secara intensional.
Kepemimipinan selalu terjadi di kelompok - kelompok .Tanpa kelompok seseorang tidak mungkin memiliki pengikut atau angota. Kelompok-kelompok itu dapat bersifat kecil, sementara,sekumpulan orang-orang, sampai besar dan formal seperti pemerintah atau perusahaan. Pada umumnya orang mengartikan pemimpin arti formal/partai.
kepemimpinan mencangkup keputusa yang paling sederhana seperti film mana yang akan kita lihat sampai keputusan yang mempemgaruhi arah kebijakan bangsa-bangsa, seperti keputsan sidang umumnya perserikatan Bangsa-Bangsa. Pada umumnya orang mengartikan kepemimpinan hanya pada kepemimpinan formal. Bila hal ini kelompok-kelompok informal, masyarakat dan kelompok-kelompok yang tidak terorganisasi.
A.            Kesimpulan
Organisasi adalah wadah berkumpulnya sekelompok orang yang memiliki tujuan bersama, kemudian mengorganisasikan diri dengan bekerja bersama-sama dan merealisasikan tujuanya. Organisasi adalah wadah yang memungkinkan masyarakat dapat meraih hasil yang sebelumnya belum dapat dicapai oleh individu secara sendiri-sendiri. (James L. Gibson, 1986).

Pada dasarnya orang tidak bisa hidup sendiri. Sebagian besar tujuannya dapat terpenuhi apabila ada interaksi sosial dengan orang lain. Sebagai mahluk sosial, manusia tidak bisa hidup sendiri karena manusia memiliki kebutuhan terhadap manusia lainnya. Karena itulah biasanya manusia berkumpul dan membentuk kelompok, yang disebut dengan organisasi. Karang Taruna, perusahaan, kerajaan, negara, adalah bentuk-bentuk dari organisasi. Bahkan sebuah organisasi kejahatan pun pada dasarnya juga adalah sebuah organisasi, dimana mereka bergabung dan berkumpul karena memiliki tujuan dan kepentingan yang sama. Organisasi yang paling kecil yang kerap kita jumpai adalah keluarga. Keluarga pada hakikatnya adalah sebuah organisasi. Keluarga adalah satuan organisasi terkecil yang pertama  kali dikenal oleh setiap manusia.

Organisasi itu penting untuk kita pelajari dan terlibat dalam setiap kegiatanya agar kita bisa menjadi orang yang bias bekerjasama dengan orang lain karena didalam organisasilah menjadi tempat belajar untuk kita ntuk mencapai apa yang menjadi kita cita-citakan. Kita sebagai mahasiswa dituntut untuk terlibat dalam organiasi agar kita bias bersaing di dunia luas.



Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking