Woensdag 09 Julie 2014

Tangisan, dari Balik Gunung..!

Tangisan, dari Balik Gunung..!
Kabupaten Puncak Jaya, Mempunyai 6 Distrik yaitu: Distrik Mulia, Distrik Ilu, Distrik Mebogoluk, Distrik Jamo, Distrik Jigonikme dan Distrik Tiginambut.
Pasca penembakan Tanggal 26 Januari 2014, di Jambi, Distrik Mulia, Puncak Jaya. Antara TNI dan TPN/OPM yang menewaskan 2 orang, 1 dari pihak TNI dan 1 dari pihak TPN/OPM.
Menyebabkan, Hari/Tanggal, Minggu 27 Januari 2014, TNI melakukan penyisiran mulai di Distrik Mulia. Dari kampung Jaligua, Kampung Dondobaga, dan Kampung Kulurik. Penduduk yang berdomisili di Jaligua 35 Kepala Keluarga (KK), di Dondobaga 30 Kepala Keluarga (KK) dan di Kulurik 32 Kepala Keluarga (KK).
Karena Interogasi dan Intimidasi dari pihak TNI dan TPN/OPM masyarakat sangat meresahkan bahkan sampai mengancam nyawa, penduduk memilih untuk mengungsi ke kampung terdekat diantaranya Kampung Pageleme, Kampung Karubate, Kampung Purleme dan Muliambut.
Situasi sangat mencengkam. Mengakibatkan aktivitas di Distrik Mulia (Jantung Kota Kab. Puncak Jaya) lumpuh total. Tidak ada kegiatan belajar, jangankan untuk ke tempat kerja, maaf. Untuk Buang Air Besar (BAB) masyarakat tidak nyaman. Situasi dan aktivitas masih lumpu hingga saat ini.
Kondisi masyarakat di Distrik Mulia, Kabupaten Puncak Jaya sangat memprihatikan. Untuk memenuhi kebutuhan pokok, taruhannya nyawa. Jangankan untuk membantu saudara-saudara mereka yang mengungsi. Untuk makan-minum keluarga entah mau diambil dari mana.
Maka, kami yang tergabung dalam “Solidaritas Mahasiswa Peduli Masyarakat Puncak Jaya” melalui kegiatan ini menyampaikan jeritan dan tangisan dari, Bapak, Ibu, Adik, Kakak dan keluarga semua yang berada di balik Gunung.

Besar harapan kami kiranya Bapak/Ibu, Saudara/Saudari ketahui secarik kertas ini adalah perwakilan jeritan, tangisan, dan doa untuk keluarga kami yang berada di balik Gunung.

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking