Donderdag 22 Januarie 2015

Mengantisipasi peringatan HUT Organisasi Papua








Mengantisipasi peringatan HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang jatuh 1 Desember nanti, pihak Kepolisian Daerah Papua memberlakukan siaga satu. Polda Papua menggelar Operasi Aman Matoa Lima di 31 Polres wilayah Papua. "Untuk kelompok bersenjata, kami juga sudah mengupayakan agar dibangun komunikasi dengan pemerintah daerah setempat." kata Wakil Kepala Kepolisian Daerah Papua Brigadir Jenderal Paulus Waterpauw di Kota Jayapura, Ahad, 30 November 2014.

Selain itu, kata Paulus, polisi juga membangun komunikasi dan memonitor secara khusus kelompok Komite Nasional Papua Barat (KNPB) dan kelompok lainnya, yang dianggap berseberangan dengan pemerintah. "Juga dilakukan upaya cipta kondisi dengan mengadakan kegiatan olahraga dan saat ini situasi semua kondusif," kata Paulus. (Baca:
 Polisi Papua Tingkatkan Pengamanan Pendatang)

Menurut Paulus, saat ini langkah yang dilakukan para bupati sudah sangat baik, sehingga Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), yang ada di wilayah pegunungan Papua sudah mau bergabung dengan warga setempat. "Memang ada cara pandang yang berbeda, tapi telah diarahkan dengan baik. Juga ada koordinasi dengan pemerintah daerah untuk keringan hukuman," kata Paulus. (Baca: OPM Ancam Perang jika Polisi Tak Bebaskan Rambo)

Paulus berharap tidak ada warga yang mengibarkan bendera Bintang Kejora pada 1 Desember 2014 besok. Bila hal itu dilakukan, lanjutnya, polisi akan menangkapnya. "Intinya, aktivitas apa pun terkait peringatan HUT OPM 1 Desember, yang dibungkus kegiatan apa pun tak diizinkan, apalagi melakukan perbuatan melawan hukum, pasti ditindak tegas," jelasnya.

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking